Mengenal Penulis Nasional yang Berasal dari Sukabumi

Daftar Isi
penulis Sukabumi

Sukabumi selain terkenal dengan pesona alamnya juga terkenal dengan hal-hal lain seperti kulinernya dengan Mochi yang sangat legendaris atau bahkan julukan kota santi yang tersemat pada kota yang diapit Bogor dan Cianjur ini. Hal lain yang menarik dari Sukabumi adalah lahirnya para penulis nasional yang sudah menghasilkan banyak karya dan mempunyai banyak penggemar buku-bukunya. Siapa saja kah penulis nasional yang berasalah dari Sukabumi? Yuk kenalan dengan mereka satu per satu.

4 Penulis Nasional yang Berasal dari Sukabumi

Walaupun dunia literasi Indonesia sedang tidak baik-baik saja dengan masih lemahnya daya baca dan tulis masyarakatnya, tidak menjadikan para pegiat literasi pupus harapan untuk menekuni bidang ini dan menebarkan hal-hal positif tentang dunia literasi. Para penulis termasuk orang-orang yang berjasa yang telah membuat karya-karya literasi yang menjadi bahan bacaan untuk masyarakat baik fiksi maupun non fiksi.

Kali ini kita akan berkenalan dengan 4 penulis asal Sukabumi yang telah menorehkan prestasi dengan banyaknya karya mereka yang telah publish secara nasional, bahkan di antaranya sudah melanglang buana tidak hanya di dalam negeri bahkan sampai ke luar negeri. Let's check these out!.

1. Panji Pratama

sumber: Facebook Komunitas One Day One Post

Sosok Panji Pratama adalah seorang guru Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Nagrak, Kabupaten Sukabumi. Beliau sudah beberapa menulis novel dan diterbitkan secara nasional.

Pada tahun 2021 Panji Pratama memenangkan kompetisi menulis novel yang diadakan oleh Kwikku. Kwikku sendiri adalah platform digital dengan target generasi milenial yang mempunyai hobi membaca novel dan webtoon.

Pada gelaran yang diselenggarakan oleh Kwikku, Panji Pratama meraih juara dua dengan novelnya Perkamen Sanada. Perkamen Sanada adalah novel dengan genre petualangan sejarah yang menceritakantentang pencarian harta karun dari Sumatera.

Cerita yang disuguhkan dalam Perkamen Sanada telah mencuri hati para juri yang beberapa di antaranya Dee Lestari dan A. Fuadi yang akhirnya membawa Panji Pratama untuk mendapatkan hadiah sebesar Rp50 juta.

Panji Pratama juga aktif membagikan ilmu kepenulisannya di acara-acara yang diselenggarakan oleh komunitas literasi di Sukabumi ataupun di luar Sukabumi, baik secara online maupun offline.

2. Rintas

Penulis kedua yang akan kita kenalkan adalah sosok yang unik karena dia adalah seorang dokter, pebisnis, sekaligus juga penulis. Teh Rintas saat ini menjadi penulis di anak perusahaan Gramedia dengan banyak novel yang telah diterbitkan.

Beberapa karya dari teh Rintas antara lain Jomlo Return, My Coach My Prince, Parameter (Para mahasiswa Kedokteran) dan lain-lain. Banyak di antara novelnya ditulis berdasarkan inspirasi dari kisah nyata perjalanan hidupnya, seperti novel Parameter yang terinspirasi saat ia menjalani perkuliahan di fakultas kedokteran.

Rintas sendiri adalah nama pena yang diambil dari nama aslinya Rahmah Intassari. Sosoknya yang humble selalu siap untuk memberikan pengetahuannya dan juga trik dan tips bagaimana bisa tembus ke penerbit mayor sekelas Gramedia. Momen saat ia membagikan ilmunya seperti saat di perpustakaan kabupaten Sukabumi, ia didaulat untuk berbagi dengan para penulis pemula di Sukabumi untuk selalu semangat bisa menerbitkan karyanya di penerbit kelas nasional. 

3. Hoerudin

sumber: https://www.instagram.com/komunitas.odop/

Hoerudin mempunyai nama Pena Khoer Jurzani. Ia telah menerbitkan beberapa buku kumpulan puisi, di antaranya Kaki Petani, Ode Bagi Pejalan yang diterbitkan Percetakan Basa-basi.  

Saat ini Kang Khoer menjalani tugasnya sebagai pengajar di SMA Hayatan Toyyiba Kota Sukabumi. Selama kiprahnya menjadi seorang guru ia telah beberapa kali mengantarkan anak-anak didiknya berprestasi di bidang literasi.

Sosok Khoer Jurzani juga pernah diundang ke negeri jiran Malaysia untuk perform membacakan puisi di sana. Dalam setiap penampilan pembacaan puisinya ia selalu tampil maksimal sehingga para penonton selalu ikut terhanyut dalam setiap diksi yang ia bawakan.

4. Vina Sri

Vina Sri adalah penulis novel Kokeshi. Novel bergenre misteri dengan latar Sukabumi dan Jepang. Novel ini diterbitkan oleh penerbit dari Solo, Tiga Serangkai. 

Sosok Vina Sri adalah ketua Forum Lingkar Pena atau FLP Kota Sukabumi tahun 2021. Kini ia aktif sebagai pengurus di FLP Jawa Barat.

Selain aktif sebagai penulis, Vina Sri juga sering mengisi kelas literasi baik untuk skala Sukabumi maupun nasional. Ia juga bersama pegiat literasi lainnya membentuk wadah untuk kelas menulis dan penerbitan yang diberi nama Forsenbook.

Menjadi Penulis Nasional? Why Not?!

Untuk teman-teman yang mempunyai cita-cita menjadi penulis, jangan takut untuk terus memperjuangkan cita-cita kalian sampai ikhtiar yang paling maksimal. Jangan berputus harapan karena segala kekurangan yang kita miliki, terus berproses untuk menjadi lebih baik sampai pada posisi layak menyandang predikat sesuai dengan impian kita.

Para penulis yang sudah kita bahas di atas pun mereka memulainya dari nol. Tidak ada yang instan. Nikmatilah proses menuju gemintangnya cahaya cita-cita kita.

Lisensia
Lisensia Personal blog berisi informasi pendidikan dan literasi baca tulis, numerasi, finansial, sains, digital, budaya dan kewarganegaraan

2 komentar

Comment Author Avatar
24 April 2024 pukul 02.26 Hapus
Dengan mengenal penulis dari daerah kita akan memotivasi untuk bisa lebih berbuat, biar bisa ikut memberikan sumbangsih untuk daerah kita. Syukur2 bisa ikutan jadi penulis tingkat nasional.
Comment Author Avatar
10 Mei 2024 pukul 20.27 Hapus
wah ternyata banyak juga ya penulis asli Sukabumi.. sy baru tahu..