Doa Agar Anak Mau Mengaji yang Ada dalam Al-Qur'an

Daftar Isi
Doa Agar Anak Mau Mengaji

Agar anak mengaji dengan rajin, orang tua perlu juga tahu doa agar anak mau mengaji dengan kesadarannya sendiri. Berdoa berarti kita meminta bantuan kepada Allah agar anak dilembutkan hatinya sehingga dengan kesadarannya mau belajar Al-Qur'an dasar seperti Iqro.

Doa yang baik dari orang tua adalah salah satu yang dikabul oleh Allah Swt. Untuk itu, memang sangat penting mendoakan setiap anak untuk segala kebaikannya termasuk dengan meminta kepada Allah dengan doa agar anak mau mengaji dengan rajin dan dengan kesadarannya sendiri

3 Doa Agar Anak Mau Mengaji yang dapat Diamalkan oleh Orang Tua

Dalam agama Islam, pendidikan itu terbagi menjadi dua, yaitu pendidikan umum dan pendidikan agama. Setiap orang tua sejatinya bisa memenuhi kebutuhan dua jenis pendidikan itu kepada setiap anaknya.

Jika orang tua mampu, maka akan sangat baik jika dapat memberikan dasar-dasar ilmu kepada anak-anak. Namun jika tidak, maka alternatif yang bisa diambil oleh orang tua adalah mengirimkan anak ke lembaga pendidikan yang dapat mengajarkan anak, baik untuk pendidikan umum maupun agama.

Lantas apa peran orang tua jika kewajiban mendidik anak diserahkan kepada lembaga pendidikan lain? Tentu saja masih banyak hal yang bisa dilakukan oleh orang tua, selain membiayai administrasi pendidikan, penting juga orang tua untuk menjadi support system dengan mendoakannya agar anak dilancarkan dalam proses belajarnya.

Mengaji Al-Qur'an adalah salah satu bidang yang harus juga diajarkan kepada anak. Sekali lagi, orang tua bisa mengajarkan langsung jika mampu, atau menyerahkan kepada lembaga pendidikan yang lebih paham tentang pengajaran Qur'an ini. Di sinilah orang tua bisa membantu dengan doa agar anak mau mengaji dengan sadar tanpa harus ada unsur keterpaksaan.

cara agar anak mau mengaji Iqro

Apa saja doa yang bisa diamalkan oleh setiap orang tua agar anak mau mengaji? Berikut beberapa di antaranya

1. Doa Nabi Sulaeman a.s

Nabi Sulaeman adalah salah satu Nabi Allah yang diberikan mukjizat berupa keilmuannya yang luas sehingga ia tidak hanya memahami masalah seputar kemanusiaan, tetapi juga paham dengan dunia binatang, bahkan tentang jin.

Doa Nabi Sulaeman termasuk doa yang masyhur yang bisa diamalkan oleh orang tua agar anak mau mengaji dan diberikan kelancaran dalam prosesnya. Berikut lafadz doa Nabi Sulaeman yang diambil dari surat Al-Anbiya ayat 79

فَفَهَّمْنَٰهَا سُلَيْمَٰنَ ۚ وَكُلًّا ءَاتَيْنَا حُكْمًا وَعِلْمًا ۚ وَسَخَّرْنَا مَعَ دَاوُۥدَ ٱلْجِبَالَ يُسَبِّحْنَ وَٱلطَّيْرَ ۚ وَكُنَّا فَٰعِلِينَ

Maka Kami telah memberikan pengertian kepada Sulaiman tentang hukum (yang lebih tepat); dan kepada masing-masing mereka telah Kami berikan hikmah dan ilmu dan telah Kami tundukkan gunung-gunung dan burung-burung, semua bertasbih bersama Daud. Dan kamilah yang melakukannya.

 2. Doa Nabi Musa a.s

Doa Kedua yang bisa diamalkan oleh orang tua agar anak mau mengaji dan lancar dalam mengajinya adalah doa Nabi Musa alaihissalam. Dalam satu riwayat disebutkan doa ini dibaca oleh Nabi Musa ketika bertemu dengan Firaun. Ia meminta kepada Allah Swt agar diberi kelancaran dan tidak kaku lidahnya saat berdakwah kepada Firaun.

Berikut bacaan doa Nabi Musa yang tertera dalam Qur'an surat Thoha ayat 25 sampai 28 yang bisa juga dijadikan doa agar anak mau mengaji dan dilancarkan dalam prosesnya


رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku, dan mudahkanlah urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku

3. Doa Nabi Muhammad Saw

Nabi Muhammad Saw banyak sekali memberikan contoh doa yang diabadikan dalam Al-Qur'an. Salah satunya adalah doa meminta ditambahkan ilmu kepada diri kita. Doa Nabi Muhammad Saw ini ada dalam surat Thoha ayat 114.

رَّبِّ زِدْنِيْ عِلْمًا

Ya Tuhanku, tambahkanlah ilmu kepadaku

Langkah Pertama Mengajarkan Anak Mengaji

langkah pertama agar anak mau mengaji

Agar anak mau mengaji, orang tua juga bisa menerapkan beberapa hal dasar yang sebenarnya sangat penting. Beberapa diantaranya seperti memberikan contoh kepada anak bagaimana pentingnya mengaji. Bagaimana anak mau mengaji jika orang tua sendiri tidak pernah memberikan contoh bagaimana orang tua berinteraksi dengan Al-Qur'an.

Selanjutnya adalah memberikan pengajaran dasar tentang Quran dalam Iqro. Dalam Islam, orang tua adalah sekolah utama bagi anak-anaknya, maka akan sangat baik jika anak mendapatkan pengalaman belajar tentang dasar-dasar Qur'an dari orang tua sendiri. Untuk dapat mengajarkan anak tentang dasar Qur'an, tentu saja orang tua harus paham terlebih dahulu tentang Qur'an dan tahu bagaimana cara mengajarkannya.

Jangan lupa untuk tetap mendoakan dengan doa terbaik untuk anak-anak, termasuk dengan doa agar anak mau mengaji, karena doa orang tua adalah doa yang makbul untuk setiap anaknya. Do'a adalah pelengkap dari setiap ikhtiar kita kepada Allah. Semoga dengan maksimalnya doa dan ikhtiar dapat menjadikan anak-anak kita dapat tumbuh dengan Al-Qur'an. Aamiin ya robbal aalamiin.

Lisensia
Lisensia Personal blog berisi informasi pendidikan dan literasi baca tulis, numerasi, finansial, sains, digital, budaya dan kewarganegaraan

1 komentar

Comment Author Avatar
25 Maret 2024 pukul 15.16 Hapus
Thank you sharing nya mba. Beberapa doa di atas terutama doa nabi musa itu sering aku baca di saat mau belajar. Ternyata juga bisa menjadi doa supaya anak mau mengaji yaa.

Memang, ortu hrs jadi panutan dulu..kalo ortunya saja ga mau ngaji, gimana berharap anak2nya mau rajin mengaji.