Sekolah Kapal Pesiar Terbaik di Bali, Biaya Pendidikan, & Kurikulum yang Digunakannya

Daftar Isi
Sekolah kapal pesiar terbaik di Bali menjadi salah satu sekolah yang banyak diburu oleh siswa lulusan tingkat SMA. Selain waktu pendidikannya yang relatif sebentar, jaminan untuk langsung bekerja juga banyak diminati oleh para pendaftar.

Walaupun banyak tantangan selama bekerja di kapal pesiar, seperti jam kerja yang lumayan padat dan juga susahnya waktu untuk bertemu dengan keluarga, tetapi gaji yang besar di kapal pesiar juga banyak menarik para pelajar untuk menempuh pendidikannya.

Untuk teman-teman yang tertarik untuk belajar di sekolah kapal pesiar, kali ini kita akan membahas beberapa rekomendasi sekolah kapal pesiar terbaik di Bali yang mudah-mudahan bisa menjadi referensi dan pertimbangan untuk memilih salah satunya.

5 Rekomendasi Sekolah Kapal Pesiar Terbaik di Bali

Sekolah Kapal Pesiar Terbaik di Bali

Siapa yang tidak tahu Bali, pulau yang sangat populer di Indonesia yang menjadi destinasi wisata turis dalam dan luar negeri. Pariwisata bali yang sangat terkenal berbanding lurus dengan banyaknya lembaga pendidikan yang mencetak sumber daya manusia untuk mendukungnya.

Sekolah kapal pesiar dan perhotelan adalah beberapa di antara sekolah vokasi yang banyak diminati di Bali. Lulusan dari sekolah kapal pesiar dan perhotelan ini nantinya akan bekerja di banyak bidang dalam ruang lingkup kapal pesiar dan juga hotel.

Berikut beberapa rekomendasi sekolah kapal pesiar terbaik di Bali yang bisa menjadi referensi teman-teman untuk sekolah di sana.

1. Hotel and Cruise International Campus

Untuk rekomendasi pertama sekolah kapal pesiar di Bali adalah Hotel and Cruise International Campus. Sekolah ini terletak di Denpasar, tepatnya di Jalan Taman pancing, Nomor 25, Pemogan, Denpasar Selatan, Bali.

Sekolah kapal pesiar ini sudah berdiri semenjak tahun 2012 dan sudah meluluskan lebih dari 1.000 alumni yang telah bekerja di banyak tempat di bidang pariwisata. Tagline dari Hotel and Cruise International Campus adalah Dream, explore, and Celebrate.

Banyak pilihan pendidikan di sekolah kapal pesiar yang sering disingkat H.I ini. Beberapa di antaranya seperti Hotel Management, Room Division, dan juga Food and Beverage. Setiap jurusan yang dipilih akan dibimbing oleh para ahli di bidangnya.

Bersekolah di H.I akan membuat para siswanya betah dengan banyaknya fasilitas yang tersedia di sana. Ruang kelas dengan standar nasional, ballroom, asrama, laboratorium komputer, perpustakaan, sampai lembaga sertifikasi profesi tersedia di sini. 

Teman-teman yang tertarik untuk belajar di Hotel and Cruise International Campus bisa datang langsung ke alamatnya di Pemogan, Bali, atau bisa juga mengunjungi alamat situsnya di hikampus.com untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

2. Sekolah Perhotelan dan Kapal Pesiar Marcopolo

Salah satu alasan kenapa Marcopolo Bali menjadi salah satu sekolah kapal pesiar terbaik di Bali adalah karena Marcopolo sudah mendapatkan akreditasi standar internasional. Dengan adanya sertifikasi akreditasi ini, Marcopolo Bali menjadi salah satu sekolah kapal pesiar bergengsi yang ada di Bali.

Walaupun sudah sangat terkenal, namun pembiayaan di Marcopolo Bali termasuk yang masih reasonable dan dapat dicicil pula. Ah, siapa yang tidak tertarik coba kalau mendengar sesuatu yang bisa dicicil, ya. Selain pembiayaan yang dapat dicicil, di Marcopolo Bali juga terdapat bantuan subsidi pembiayaan bagi pelajar berprestasi dan atau yang masuk dalam kategori tidak mampu.

Program atau jurusan di Marcopolo Bali termasuk lengkap dengan pilihan pembelajaran Diploma 1 dan Diploma 2. Beberapa pilihan jurusan pendidikannya seperti Food and Beverage Service, House Keeping, Bartending, Culinary, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Yang juga banyak di sukai oleh para siswa di Marcopolo dan juga para alumninya adalah jaminan bekerja setelah lulus menempuh pendidikan di sini. Alasan Marcopolo Bali bisa memberikan jaminan pekerjaan setelah lulus adalah karena Marcopolo mempunyai agen kapal pesiar dan juga mitra kerja penyaluran magang sendiri.

Marcopolo Bali mempunyai 3 sekolah di tempat berbeda di Bali. Alamat lengkap ketiganya adalah:

  • Jalan Poros Alas Kedaton, Br.Sanapahan, Kediri, Tabanan, Bali
  • Jalan Pura Dalem, Anturan Lovina Singaraja
  • Jalan raya Abianbase, Dalung, Badung, Bali
Untuk teman-teman yang ingin mendapat informasi lebih lengkap tentang Marcopolo Bali, bisa mengunjungi situs resminya di marcopolobali.wizxsite.com/marcopolobali.

3. Sekolah Perhotelan Internasional (Kampus SPI)

Walaupun namanya sekolah perhotelan, namun sertifikat lulusan dari kampus SPI ini bisa banget dijadikan untuk melamar kerja di kapal pesiar, karena kapal pesiar sendiri sering disebut sebagai hotel floating, ya, teman-teman.

Kampus SPI ini berlokasi di Jalan Medeka Nomor. 19, Renon, Denpasar, Bali. Alamatnya tidak susah dicari, menggunakan Goggle Maps pun panduannya cukup jelas.

Jenjang pendidikan yang bisa kita pilih di kampus SPI adalah Diploma 1 dan Diploma 2. Sedangkan jurusan-jurusan yang tersedia di Kampus SPI antara lain Food and Beverage Product, Food and Beverage Service, Housekeeping, dan Front Office.

Fasilitas di Kampus SPI termasuk lengkap seperti ruang belajar menggunakan AC, LCD, dan proyektor. Ada wifi juga yang bisa diakses para siswanya, serta tersedia sertifikat profesi.

Biaya pendidikan untuk jenjang D1 dan D2 jelas berbeda, di mana D2 akan lebih mahal dibanding D1. Biaya pendidikan baik untuk D1 maupun D2 sudah meliputi biaya biaya pendidikan, praktikum, uang gedung, sampai seragam untuk para siswanya.

4. Mediterranean Bali

Mediterranean Bali adalah rekomendasi selanjutnya untuk sekolah kapal pesiar terbaik yang berlokasi di Bali. Mediterranean Bali ini ada 4 sekolah yang bisa kita pilih, seperti di Bangli, Denpasar, Karangasem, dan Singaraja.

Jenjang pendidikan yang bisa kita pilih di Mediterranean Bali yaitu Diploma 3 dan Diploma 4. Jurusan-jurusan pendidikan yang bisa kita pilih diantaranya Hotel Acomodation, Food and Beverage, dan Food Production. 

Mediterranian Bali telah berdiri semenjak tahun 2008 dan saat ini mempunyai nilai akreditasi A, serta telah meluluskan lebih dari 6.000 alumni. Kurikulum yang digunakan dalam pendidikan di mediterrean Bali menggunakan kurikulum internasional, sehingga pantaslah alumninya banyak dipercaya untuk bekerja di berbagai kapal pesiar dunia.

Informasi lebih lanjut mengenai Mediterranian Bali bisa teman-teman dapatkan dengan mengunjung situs resminya di mediterranianbali.id.

5. Bali Crystal College

Bali Crystal College telah berdiri semenjak tahun 2017 dan berlokasi di Tampaksiring, salah satu area wisata di bali yang sejuk dan asri. Biaya pendidikan di Bali Crystal College termasuk yang terjangkau dengan jaminan mendapatkan pekerjaan setelah lulus.

Jenjang pendidikan di Bali Crystal College terdiri dari D1 dan D2. Untuk D2 jurusan yang tersedia adalah Hotel Management, sedangkan jurusan-jurusan yang ada untuk D1 seperti Cylinary, Food and Beverage Service, Front Office dan Housekeeping.

Teman-teman yang tertarik dengan Bali Ctystal College bisa mengunjungi situs resminya di balicrystalcollege.com untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap lagi.

Biaya Sekolah Kapal Pesiar di Bali

biaya sekolah kapal pesiar di Bali

Selain pertimbangan kualitas sekolah, teman-teman yang akan melanjutkan pendidikan ke sekolah kapal pesiar terbaik di Bali juga harus mempertimbangkan soal biaya sekolah kapal pesiar di bali.

Setiap lembaga pastinya mempunyai biaya pendidikan yang berbeda satu sama lainnya. Hal lain yang juga akan membedakan total biaya pendidikan adalah jenjang pendidikan yang diambil antara D1, D2, D3, bahkan D4.

Secara umum, biaya pendidikan sekolah kapal pesiar di Bali berkisar antara 14-24 juta. Hitungan totalnya memang seperti besar, namun banyak juga lembaga pendidikan di sana yang menyediakan beasiswa atau subsidi bagi siswa berprestasi atau tidak mampu.

Kurikulum Pendidikan di Sekolah Kapal Pesiar

Karena sekolah di kapal pesiar berorientasi untuk persiapan kerja, maka kurikulum yang digunakan pun menyesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja di kapal pesiar. Secara umum kurikulum sekolah kapal pesiar estimasinya adalah 80-20 antara praktik dan teori.

Nilai plus lainnya yang bisa kita pertimbangkan dalam mencari sekolah kapal pesiar di Bali dilihat dari kurikulum yang digunakannya adalah tentang penggunaan kurikulum internasional. Biasanya sekolah yang sudah menggunakan kurikulum internasional ini sudah banyak dipercaya oleh perusahaan-perusahaan yang membutuhkan alumninya untuk bekerja pada mereka.

Demikian rekomendasi sekolah kapal pesiar terbaik di Bali, estimasi biaya, dan juga informasi kurikulum yang digunakan di dalamnya. Semoga bermanfaat untuk teman-teman yang sedang mencari referensi tentang sekolah kapal pesiar di Bali. 

Lisensia
Lisensia Personal blog berisi informasi pendidikan dan literasi baca tulis, numerasi, finansial, sains, digital, budaya dan kewarganegaraan

Posting Komentar